Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Merawat Laboratorium Komputer

Perawatan identik dengan kata merawat,rawat. Jika di dalam ilmu kesehatan ada istilah merawat kesehatan. Jika kita sedang sakit dan masuk rumah sakit disebut rawat inap atau rawat jalan dan...tinggal kita itung saja per-malamnya berapa. Tinggal kita rogoh kocek saja di kantong kita.

Berkaitan dengan rawat merawat di dalam era serba teknolog ini ada pula perawatan yang perlu kita lakukakan dalam perangkat teknologi kita. Seperti, Handphone,Gadget,Komputer Pc,Netbook/Notebook,dan lain sebagainya yang bersifat perangkat teknologi. 

Nah kali ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana sih cara-cara merawat seperangkat komputer-komputer yang terdapat di dalam Laboratorium Komputer. Berikut tips dari saya :

1. Luas Area
Pertama dalam membangun laboratorium adalah menentukan luas area kerja laboratorium Komputer atau sering di sebut Lab.Komputer. Mengapa kita harus mengetahui luas areanya?? Karena berkaitan dengan fungsi dan tujuan Lab.Komputer itu sendiri adalah mengatur pola penataan benda-benda yang akan kita tempatkan pada area Lab.Komputer. Dan yang pasti jelas kita maksud disini adalah Komputer itu sendiri.

2. Tatak Letak
Tata Letak merupakan bagian dari tempat dimana sebuah benda yang kita miliki harus tertata rapi. Jika kita tidak memperhatikan hal itu maka tata letak benda yang kita miliki tidak akan terlihat bersih. Begitu juga dengan komputer-komputer kita yang terdapat dalam Laboratorium Komputer. Tata letak perlu kita perhatikan agar nantinya dari segi penataan terlihat rapi. Dan yang paling penting kita mudah dalam membersihkan tempat komputer di sekitarnya. Untuk itu tata letak komputer kita harus dapat di jangkau area sekitarnya ketika kita melaksanakan kebersihan berkala. 

3. Suhu
Berkaitan dengan suhu yang dimaksud disni adalah pengaturan suhu udara yang seharusnya kita pergunakan dalam area Lab.Komputer. Jika di tempat anda masih menggunakan Kipas Angin berarti harus di perhitungkan seberapa dingin atau panaskah kebutuhan pada ruang / area Lab.Komputer. Dan saran dari saya sebaiknya kita ganti saja dengan AC. Karena dengan menggunakan alat pengatur suhu ruangan yang satu ini kita dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Apalagi di mudahkan dengan Remote Control yang berfungsi membantu dalam pengaturan suhu. Kebutuhan di dalam ruang Lab.Komputer adalah suhu dingin. Jika di tempat saya suhu dingin yang saya pakai adalah -20 sampai -21 derajat ( saya sih ngliatnya dari remote-nya )

4. Cahaya
Selain dari lampu-lampu yang terpasang di dalam Lab.Komputer ada pula cahaya yang masuk dari luar,yang di maksud di sini adalah dari cahaya sinar matahari. Pencahayaan dari sinar matahari jika kita bisa meminimalisirnya maka keuntungannya adalah sinar UV yang masuk hanya sebagian. Pengalaman saya setiap jendela kata saya berikan korden. Sehingga sinar matahari yang terpancar tidak dapat langsung masuk di dalam ruangan. Sehingga cahaya yang kita pergunakan cukup hanya dengan menggunakan lampu-lampu yang terpasang di dalam ruangan. Dan kita pergunakan sesuai dengan kebutuhan. Karena pemerintah kita sendiri menghimbau agar masyarakatnya dapat menghemat dalam penggunaan listrik.

5. Berkala
Dalam merawat atau mengelola Lab.Komputer haruslah ada jadwal yang harus kita rencanakan. Baik dalam jangka pendek,menengah,ataupun panjang. Dalam hal ini adalah kita harus menentukan perawatan berkala. Baik dalam kategori kebersihan dan maintanance komputer-komputer. 

6. Bersih
Kesulitan yang sering kita hadapi dalam kegiatan keseharian adalah kebersihan. Dengan selalu menjaga kebersihan area Lab.Komputer baik di dalam maupun di luar itu sangat penting untuk kita lakukan. Hanya saja biasanya yang paling sulit adalah mengontrol siswa/i, maupun tingkat mahasiswa/i untuk selalu menjaga kebersihan. Jika sudah begitu sebaiknya kita berikan tata tertib atau aturan yang berlaku dengan sanksi yang di berlakukan sesuai dengan aturan yang di buat dalam penggunaan Lab.Komputer. Dan tidak lupa menjaga dan melakukan kebersihan sebaiknya dilakukan secara berkala. Entah setiap hari maupun 2 hari sekali dalam melaksanakan kegiatan bersih-bersih.

7. Maintanance
Pelaksanaan maintanance perangkat komputer pada Lab.Komputer sebaiknya dilakukan secara berkala. Baik kondisi komputer dalam keadaan baik-baik saja maupun ketika mengalami kerusakan. Dengan begitu akan meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Seperti, mati secara mendadak ketika di pakai oleh peserta didik. Jadi, sebaiknya maintanance/ perawatan/ perbaikan sebaiknya di lakukan secara berkala. Minimal di lakukan pengecekkan 2-3 hari sekali. Jika tidak bisa dalam hitungan hari sebaiknya di lakukan dalam 1minggu sekali.

Itulah tadi cara perawatan Laboratorium Komputer yang biasa saya lakukan. Semoga temen-temen bisa mempraktikkannya dalam mengelola Lab.Komputer. Mohon maaf apabila cara-cara yang saya tuliskan di atas tidak sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Tulisan ini saya buat bertujuan untuk saling berbagi informasi, pengalaman dan pendapat saya. Kurang lebih saya mohon maaf. Dan Mohon Saran dan Kritiknya. Sekian terima kasih.

Posting Komentar

2 Komentar

d'co Solution mengatakan…
Terima kasih Mas Muhammad A. Fatahna