Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Praktikum Jaringan Komputer - Pertemuan 1

Pertemuan pertama kuliah Praktikum Jaringan Komputer memang perlu sedikit pemahaman dalam pengoperasiannya. Belajar jadi seorang Administraor Jaringan dengan menggunakan salah satu perangkat keras Router Board ( kalo' gak salah RB334,...lupa-lupa ingat ). Penggunaan Router Board menurut saya sebenarnya susah-susah gampang. Buat saya sebagai orang awal  ( biasanya di sebut newbie ) yang mengenal dan mempraktikkan pertama kali, sedikit kelihatan rumit dalam mempraktikkannya. Tapi buat  saya penggunaan Router Board bisa di gunakan dalam pembuatan Router. Pada RouterBoard fitur-fiturnya sudah lengkap baik dalam mengatur/ konfigurasi DNS, IPaddress, Firewall, dll, yang memudahkah kita dalam mengatur sebuah jaringan. Sebenarnya banyak perangkat-perangkat keras maupun perangkat-perangkat lunak dalam konfigurasi pada sistem jaringan komputer ( itu menuurt saya...hehhehe...). Hanya kebetulan saja pada mata kuliah Praktikum Jaringan komputer saya medianya dengan menggunakan RouterBoard dari vendor Mikrotik.

Pelajaran pertama mengenai praktikum yang saya dapatkan pada Mata Kuliah Praktikum Jaringan Komputer kalo tidak salah adalah konfigurasi 

Dosen :
=====
Internet --> RouterBoard --> PC Dosen. 

Mahasiswa
========
RouterBoard --> PCmahasiswa/client

( waduh...dah sedikit lupa dah....maklum masih beru belajar ). Ya .. pokoknya kalo' tidak salah gitu. 

Dan inti praktikum yang saya tangkap adalah bagaimana kita mengatur sebuah koneksi internet sampai pada tahap client bisa juga mengakses internet dengan sebelumnya kita mengkonfigurasi terlebih dahulu RouterBoardnya antara IpAddress, DNS, Firewallnya. 

Mungkin sekian dulu tulisan hari ini. Semoga awal praktikum saya, dengan ilmu yang kelihatan sedikit ini dapat bermanfaat terutama bagi saya sendiri pribadi dan mungkin para pembaca blog ini. Mohon maaf apabila ada kata atau tulisan saya yang salah dalam penulisan pada blog saya ini. Sekian Terima Kasih.

Buat Ayahanda dan Ibunda ku tercinta di Kediaman Keluarga Besarku, akan ku ingat slalu pesan-pesanmu. Do'akan selalu anakmu disini. Anakmu disini slalu merindumu.

Posting Komentar

0 Komentar